Pages

Kamis, 25 Oktober 2012

10 Tips Perawatan Laptop

Hari gini gak punya komputer, apa kata dunia. Ungkapan yang sering diungkapkan komputer maniak. Tapi gak cukup sampe di sana, orang lebih nyaman jika mereka memilih Laptop untuk kepentingan aktivitasnya ketimbang komputer biasa, laptop atau notebook misalnya :


Presentasi tugas akhir, tugas besar, dan tugas kuliah lainnya (sahabat para mahasiswa) :p

Akhir-akhir ini, Laptop sudah sangat popular. Namun menurut gw meskipun unggul dalam hal portabilitas (mudah dibawa ke mana saja), Laptop punya keterbatasan dari segi performanya daripada komputer desktop biasa. Maka dalam hal ini gw akan mencoba memberikan 10 tips dalam mengoptimalkan Laptop.

1. Usahakan jangan mengganti sistem operasi. Kalau Laptop dibundel dengan XP, janganlah mengganti OS Vista atau Win 7. Alasannya, yakni ingat dengan keterbatasan kemampuan hardware. Berdasarkan pengalaman gw, Windows XP masih memberikan performa terbaik untuk Laptop.

2. Siapkan baterai cadangan. Kalau kita suka bepergian dan jauh dari sumber listrik, baterai berkapasitas besar bisa memberikan kenyamanan. Kalau malas pake baterai ekstra, cari Laptop yang sudah punya baterai berkapasitas besar. Hanya bodinya akan agak menonjol di bagian baterainya.

    3. Gunakan monitor eksternal. Ukuran layar Laptop itu terbatas karena fisiknya yang juga kecil. Untuk kita yang cukup sering pake Laptop di suatu tempat yang sama, misalnya di kamar atau di kantor, tak ada salahnya jika pake monitor eksternal biar lebih enak dan lega memakainya.
4. Jalankan aplikasi seperlunya. Laptop sebetulnya dirancang untuk dibawa-bawa dan dijadikan komputer kedua, bukan komputer utama. Laptop itu berbeda dengan PC (Personal Computer)/Komputer Dekstop, laptop, atau notebook. Kalau kita biasanya membuka banyak aplikasi di PC tanpa khawatir kinerjanya turun, tidak demikian di Laptop. Di Laptop, jalankan saja aplikasi yang perlu dan kalaupun harus multitasking (menjalankan aplikasi dua atau lebih pada saat yang bersamaan), tentukan prioritasnya.

5. Beli drive optik eksternal.
Kelemahan Laptop adalah tidak tersedianya drive optic. Maklum, fisiknya yang mungil tidak memungkinkan perangkat ini diikutsertakan. Buat kita yang sering dan butuh membaca data dari media seperti CD (Compact Disc) dan DVD (Digital Versatile Disc), eksternal Optical Drive adalah solusinya.

6. Pasang keyboard dan mouse.
Keyboard (papan ketik) dan touchpad (pengganti mouse sebagai navigator pointer berbentuk persegi empat datar) yang ada pada Laptop juga kecil. Makanya, jika memang butuh kenyamanan ekstra, gak ada salahnya jika kita beli keyboard dan mouse eksternal dengan koneksi USB (Universal Serial Bus). Jenis keyboard lipat dan mouse yang agak kecil mungkin bisa jadi pertimbangan karena lebih mudah dibawa bersama Laptopnya.



7. Pakailah portable media player.
Laptop yang sekarang ini beredar punya kapasitas hard disk yang lebih besar daripada Laptop generasi awal. Kita bisa memanfaatkan kapasitas yang besar ini untuk menyimpan lagu dan film favorit kita. Kita tahu bahwa system operasi serta aplikasi ringan tidak terlalu banyak menyita kapasitas hard disk. Jangan lupa untuk menginstal aplikasi pemutar multimedianya, seperti K-Lite Codec pack, KMplayer, dan lainnya. Selain itu, kita bisa juga menikmati musik dan video online kalau sedang terkoneksi dengan jaringan internet.

8. Pertimbangkan mesin gaming.
Untuk yang ini ada hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan. Dengan segala keterbatasannya, terutama soal spesifikasi, Laptop tetap bisa buat main game, tetapi jangan yang berat. Game ringan macam keluaran gamehouse jalan dengan amat lancar di Laptop. Intinya, beragam jenis mini game bisa kita nikmati di Laptop kita.


9. Beli tas yang bagus.
Dalam paket penjualan kadang produsen sudah menyertakan semacam dompet besar untuk memudahkan kita membawa Laptop tersebut. Tapi nggak ada salahnya kalau kita membeli tas yang lebih bagus. Keuntungannya, kita bisa membawa aksesoris Laptop kita, seperti mouse dan charger.


 

10. Poles tampang Laptop.
Untuk menambah ciri khas Laptop kita, kita bisa menambahkan stiker dengan motif pilihan kita sendiri.. kayak gw ngedandanin laptop gw dengan tim kesayangan gw. tim terbaik dunia.
haha :D. Selain membedakan dengan yang lainnya, stiker tertentu juga berguna untuk pelindung bodi dari goresan. Tapi harus ingat, pastikan juga stiker yang kita gunakan harus mudah untuk dilepas dan tidak meninggalkan bekas perekatnya.

Sekian tips ngerawat laptop dari gw. semoga bermanfaat :D


2 komentar:

  1. gan ada jual2 Stiker manchester united nggk,,,,?? klu ada kabari donk gw pengen bngt beli tp udah gw cari2 nggk dapat2,,

    BalasHapus
  2. GGMU gan hehe :D wah ane bukan seller gituan om, cari di BEC bandung kayaknya banyak tuh.. cari disitu aja

    BalasHapus